PELUANG USAHA

peluang usaha

1.pengertian peluang usaha
Peluang Usaha adalah suatu kesempatan yang datang, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Atau dapat didefenisikan juga sebagai kesempatan yang muncul pada waktu tertentu yang dapat memberikan kesempatan besar untuk memperoleh keuntungan, jika dalam kesempatan itu dilakukan suatu tindakan dengan mengarahkan tenaga dan pikiran. sumber (http://www.pengertianku.net/2016/11/pengertian-peluang-usaha-secara-umum-dan-contohnya.html)

2.sumber peluang usaha
-Dari diri sendiri
a).HOBI
Hobi bisa menjadi awa mula kesuksesan seorang dalam berwirausaha, bakan usahanya dapat berkembang dan tumbuh dengan pesat.
b)keahlian
Keahlian yang dimiliki seseorang bisa menjadi modal untuk mengembangkan dan memajukan usaha yang sesuai dengan bidang keahlian.
-peluang lingkungan

Banyak sekali peluang dan inspirasi yang muncul dari lingkungan, antara lain sebagai berikut:
a).Usaha atau bisnis orang tua. Dalam diskusi setiap harinya, orang tua anda sering menceritakan kesulitan-kesulitan bisnisnya. Hal itu dapat mendatangkan inspirasi bila anda dapat hubungkan dengan latar belakang pendidikan, hobi, pengetahuan, dan keahlian yang anda miliki.
b)Kebiasaan ketika berangkat dan pulang sekolah, baik dalam perjalanan atau di lingkungan sekolah dan juga teman sekolah.
c).Lingkungan rumah, seperti tetangga, teman sekolah dan teman main.
d).Saat berkunjung ke berbagai tempat.
sumber(https://gimeku.blogspot.com/2016/01/sumber-peluang-usaha-dan-cara.html)

3.peluang usaha

adalah kesempatan yang ada untuk bisa dimanfaatkan dalam memperoleh sebuah keuntungan bagi seorang wirausaha/wirausahawan.


faktor faktor yang mempengaruhu inspirasi:
a.Faktor internal, yang berasal dalam diri seseorang sebagai subjek, antara lain :
1. Pengetahuan yang dimiliki
2. Pengalaman dari individu itu sendiri
3. Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
4. Instutisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.

b. Faktor eksternal, hal – hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkansebuah inspirasi bisnis, antara lain :
1. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
2. Kesulitan yang dihadapi sehari hari
3. Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain
4. Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru

Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha atau bisnis, seorang wirausahawan harus berfikir secara positif dan kreatif di antaranya :
a.  Harus percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnis bisa dilaksanakan,
b.  Harus menerima gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha atau bisnis,
c.  Harus bertanya kepada diri sendiri,
d.  Harus mendengarkan saran-saran orang lain,
e.  Harus mempunyai etos kerja yang tinggi,
f.   Pandai berkomunikasi.


Menganalisis Peluang Usaha dengan Analisis SWOT
Untuk dapat menganalisis peluang usaha bisa dengan menggunakan Analisis SWOT yaitu,


a. Strength adalah kekuatan apa yang akan mendukung usaha kita untuk mencapai sasaran.
b. Weakness adalah kelemahan apa yang membatasi atau menghambat usaha kita.
c. Opportunity adalah peluang usaha apa saja yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan
d. Threat adalah Ancaman apa saja yang terjadi saat kita berusaha.


Contoh peluang usaha dibidang Jasa yang sangat dibutuhkan masyarakat, antara lain sebagai berikut :
1.    Jasa servis
2.    Jasa hiburan
Contoh : Bioskop, Kafe, Layar Tancap, dan sebagainya.
3.    Jasa transportasi
Contoh : Menyediakan Angkutan antar jemput anak sekolah, Rental Mobil, dan sebagainya.

sumber(https://materi-ku31.blogspot.com/2017/03/menganalisis-peluang-usaha.html)

4.Resiko usaha

Resiko menurut para ahli:
1.Arthur William dan richard,M.H. : Resiko adalah variasi dari hasil yang mungkin terjadi pada periode tertentu
2.Soekarto : Resiko adalah ketidakpastian atas terjadinya sebuah peristiwa.
3.Herman Darmawi : Resiko adalah probabilitas hasil yang berbeda dengan harapan.
4.Prof Dr. Ir. Soemarno, M.S. : Resiko adalah ketidakpastian di masa depan tentang kerugian.
5.Subekti : Pengertian resiko adalah kewajiban untuk memikul kerugian yang di akibatkan oleh kejadian di luar kesalahan salah satu pihak.

1. Persaingan atau kompetisi
Persaingan atau kompetisi merupakan resiko yang harus dihadapi oleh setiap pengusaha. Hal ini disebabkan oleh semakin majunya sebuah bisnis secara otomatis akan bermunculan pesaing usaha yang sejenis.Timbulnya persaingan ini terkadang menimbulkan resiko tinggi akibat terjadinya persaingan tidak sehat. Persaingan yang tidak sehat ini dapat menyebabkan kerugian bagi para pelaku bisnis.
2. Perkembangan teknologi
Perkembangan dunia teknologi yang pesat dapat membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnis baik dari segi kualitas maupun kuantitas penjualan. Oleh sebab itu pebisnis modern harus mampu beradaptasi dengan teknologi agat tidak tertinggal dengan kompetitor.Namun saat ini banyak pebisnis di Indonesia yang tidak mengikuti perkembangan teknologi sehingga banyak usaha yang mulai gulung tikar.
3. Kehilangan kepercayaan konsumen
Hal paling penting dalam menjalankan usaha adalah menjaga kepercayaan konsumen. Kehilangan kepercayaan konsumen dapat di sebabkan oleh berbagai hal seperti kualitas produk yang buruk, kesalahan pemberian harga, kesalahan pengiriman dan pelayanan purna jual.Beberapa kesalahan ini dapat memberikan dampak negatif sehingga anda akan di tinggalkan oleh konsumen.
4. Resiko finansial
Ketika anda memulai bisnis maka anda harus siap dengan penghasilan yang tidak tetap. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan bisnis tidak selamanya mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar.Tentunya hal ini akan menjadi kendala sehingga harus mempersiapkan mental dan mempersiapkan solusi sehingga tidak berdampak buruk bagi kehidupan anda.
5. Perubahan peraturan pemerintah
Perubahan peraturan pemerintah dapat menjadi resiko terhadap kelangsungan bisnis anda. kesalahan dalam mengantisipasi perubahan pemerintah dapat mempengaruhi kegiatan bisnis sehingga dapat berpengaruh pada pemasaran dan penjualan.Selain itu pastikan usaha yang anda jalankan telah mematuhi setiap peraturan pemerintah sehingga dapat menjalankan bisnis dengan tentang dan aman.
6. Resiko lingkungan
Dampak lingkungan yang di timbulkan oleh usaha anda harus diperhatikan. Contohnya anda memiliki usaha makanan yang menghasilkan limbah berbahaya.Maka pastikan bahwa limbah yang dihasilkan di buang dengan tepat sehingga ramah terhadap lingkungan.
7. Resiko pemasaran
Salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah proses pemasaran yang efektif dan tepat. Oleh sebab itu seorang pebisnis harus menguasai berbagai teknik pemasaran agar produk yang anda jual dapat di terima oleh konsumen.Jika anda tidak menguasai teknik pemasaran yang efektif dan tepat dapat beresiko terhadap jumlah penjualan produk anda.Untuk menguasai teknik pemasaran ini maka anda dapat belajar dengan membaca buku, ikut seminar ataupun mencari berbagai informasi tentang pemasaran di inte.sumber(https://www.pahlevi.net/pengertian-resiko-usaha/)

5.peluang usaha sesui program keahlian
1.Konter Pulsa
Membuka usaha konter pulsa dekat area sekolah juga sangat cocok,pasalnya anak sekolah juga sekarang ini sudah punya ponsel semua dan ponsel mereka juga butuh di isi pulsa.Sehingga hal tersebut bisa kita manfaatkan untuk usaha.Selain cocok di sekitaran sekolah.Usaha jualan pulsa juga sangat menjanjikan untuk besar serta bisa kita jalankan dengan modal kecil atau minim sekali.Pas bangat buat anda yang ingin punya usaha tapi tidak punya modal yang banyak.
2.Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung
Pada umumnya para peternak ayam kampung masih menggunakan tekhnik konvensional yang pemeliharaannya sangat sederhana. Namun cara beternak ayam kampung menggunakan tekhnik konvensional di rasa kurang fleksibel dan beresiko. Beternak ayam kampung dengan sistem lebih terpadu dan penggunaan media yang memadai menjadi solusi yang cukup jitu untuk menjawab permasalahan tersebut. Penggunaan kandang yang cukup besar memudahkan para peternak untuk mengembangbiakan ayam kampung, selain itu ayam kampung dengan menggunakan kandang dan media yang sesuai sangat cocok di terapkan bagi para peternak secara produktif.
3.Peluang Usaha Makanan Ringan Tempe Mendoan
Kebanyakan orang Indonesia pasti suka makan tahu goreng, apalagi tahu isi ditambah cabai rawit… nyesss pasti rasanya mantap. Nah, selain rasanya yang pedas dan mantap peluang bisnis usaha makananan ringan tahu isi pedas ini ternyata sangat potensial lho. Setidaknya inilah yang saya lihat dari usaha Tahu Jeletot ini, peluang usahanya masih terbuka lebar dan sangat potensial.  sumber (https://www.kompasiana.com/liandhara/54f91b83a333112c048b4748/6-contoh-peluang-bisnis-yang-ada-di-sekitar-kita)

6.peluang usaha dilingkungan sekolah dan tempat tinggal

sekolah
1.Bisnis jualan barang bekas
Bisnis jualan barang bekas merupakan bisnis sampingan yang memerlukan modal. Bisnis ini memerlukan kecermatan membaca peluang. Karena barang yang dijual merupakan barang bekas yang biasanya disepelekan oleh banyak orang, namun merupakan barang yang berarti bagi orang yang membutuhkannya. Seperti misalnya membeli hp di pasar barang bekas, kemudian dijual kembali kepada teman sekolah yang membutuhkan hp  Semakin cermat membaca peluang, semakin kecil modal yang dibutuhkan dan semakin besar laba yang didapat.
sumber (https://www.cermati.com/artikel/18-peluang-bisnis-yang-cocok-bagi-mahasiswa)

2.usaha kuliner
Nah, usaha yang satu ini jelas menjadi usaha favorit. usaha bidang kuliner memang tidak ada matinya, dimanapun tempatnya pasti ada saja usaha kuliner ini. Salah satu tempat paling strategis dalam usaha kuliner ini tentu saja di lingkungan sekolahan. Anda bisa menjual aneka macam kuliner, baik itu makanan maupun minuman. Namun anda harus menjual makanan atau minuman yang benar-benar enak dan sehat. Selain itu harga makanan jangan terlalu mahal, sesuaikan saja dengan kantong para pelajar.

3.konter pulsa

Membuka usaha konter pulsa bisa menjadi pilihan usaha yang tepat untuk di jalankan di lingkungan sekolah. Saat ini para pelajar tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone, bahkan meskipun sudah di larang oleh pihak sekolah, para pelajar tetap saja membawa smartphone ke sekolah. Selain menjual pulsa, anda juga bisa menjual berbagai kelengkapan smartphone, mulai dari aksesoris dan perdana. Selain itu anda juga bisa menjual aneka aksesoris untuk siswa dan siswi.

4.usaha warnet
Usaha warnet juga sangat pas di jalankan di dekat lingkunagn sekolahan. Para siswa saat ini harus benar-benar aktif dalam mencari informasi di internet, selain itu para guru juga sering memberi tugas dan bahannya di cari di internet. Melihat hal tersebut tentu usaha warnet sangat cocok di jalankan di lingkungan sekolah.

Tempat tinggal

1.usaha hidroponik
Justru masyarakat kota yang kekurangan lahan, mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam dengan sistem hidroponik. Nah jangan mau ketinggalan dengan mereka. Apalagi hasil sistem pertanian hidroponik sangat digemari oleh masyarakat karena lebih higienis. Sistem hidroponik juga lebih murah dan praktis apabila kita tahu bagaimana caranya.
Walaupun bagi kita yang tinggal di desa biasanya memiliki lahan yang luas. Bertani sayuran dengan sistem hidroponik justru akan membuat pemanfaatan lahan menjadi lebih efektif. Kita bisa mencoba bertani dengan berbagai jenis sayuran.Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik, berikut ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi ketika ingin memilih jenis media yang akan digunakan.
2.berternak kroto
Bagi Anda yang hobi beternak. Anda bisa mencoba usaha budidaya kroto. Kroto yaitu semut rangrang. Harga per kilo gram telur semut ini sangat mahal, karena keberadaannya di alam lepas sudah jarang ditemukan.Sementara kebutuhan telur semut kroto ini sangat tinggi, seperti untuk pakan ikan dan burung.Harga telur kroto untuk pakan burung berkisar hingga 150 ribu rupiah per kilo gram. Cara ternaknya juga cukup mudah.Cara beternak kroto biasanya dilakukan dengan membuat rak, lalu sediakan toples untuk tempat bertelur. Biasanya dalam satu toples bisa menghasilkan panen sekitar 1 hingga 2 ons.Untuk periode panen ternak kroto sekitar 15 – 20 hari, dan itu tergantung dari cara perawatan yang Anda lakukan. Nah semakin banyak jumlah toples yang Anda buat, tentu jumlah panen bisa lebih banyak lagi.
3.membuka pangkas rambut
Anda bisa membuka salon cukur rambut. Usaha ini terbilang sangat menjanjikan. Harga cukur rambut sekarang ini berkisar 15,000 rupiah. Bayangkan jika dalam satu hari Anda bisa mencukur rambut 10 orang. Penghasilan Anda sudah mencapai 150 ribu perhari.
Jika Anda sudah terkenal, mungkin bisa lebih dari 10 orang perhari. Apalagi Anda bisa ramah ketika melayani pelanggan. Tentu banyak yang akan menjadi pelanggan setia Anda. Walau terlihat dan terkadang diremehkan. Profesi ini hasilnya lebih besar dari pegawai kantoran.
4.menjual aneka bibit
Masyarakat desa pada umumnya suka berkebun. Anda bisa menyediakan aneka bibit sesuai dengan trend perkebunan yang ada di pedesaan. Anda bisa menyediakan berbagai jenis bibit. Coba perhatikan trend yang ada, lalu perhatikan juga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Sebagai contoh bibit kelapa sawit, karet, bibit cabai, bibit sayuran dan aneka tanaman kebun lain. Anda tentu bisa menilai, apakah peluang ini ada di desa Anda. sumber (https://www.kolomsatu.com/8-contoh-peluang-usaha-di-desa-atau-kampung-yang-menjanjikan.html)

7.spesifikasi produk pada peluang usaha
Buka Bisnis Elektronik untuk Pemula dengan Modal Kecil
Dalam membuka usaha elektronik tidaklah mudah. Apalagi bagi seorang pemula. Diperlukan tahapan dan langkah-langkah dalam memulai usaha elektronik. Untuk lengkapnya berikut ini cara buka bisnis elektronik untuk pemula dengan modal kecil dari awal sampai siap buka, antara lain:

1. Menentukan jenis produk
Ada banyak jenis barang elektronik yang bisa sobat jual secara online dan offline. Seperti kulkas, penanak nasi, playstation, oven, blender, mixer, kipas angin, mesin cuci, laptop, komputer, televisi, antena parabola beserta receiver, radio, air conditioning atau penyejuk ruangan, audio system hingga perabotan rumahtangga lainnya.

Dalam menentukan jenis produk maka anda harus memilih jenis produk elektronik yang sedang booming dan laris manis. Contohnya game console seperti PS yang sedang marak belakangan ini. Para penggemar game online di tanah air sangat besar di Indonesia dan seluruh dunia sehingga pangsa pasar penjualan game console luas sekali. Keuntungan dari berjualan game console misal playstation secara online cukup besar perhari.

2. Persiapan Modal
Setelah menentukan jenis produk elektronik yang hendak dijual baik itu satu macam atau beberapa macam, langkah berikutnya mempersiapkan modal usaha. Untuk membuka usaha elektronik dengan satu macam maka dibutuhkan modal kecil. Sebaliknya jika anda membuka usaha toko elektronik secara fisik dan online dengan berbagai macam barang elektronik yang dijual secara lengkap maka membutuhkan modal usahayang cukup besar.

Untuk memperoleh modal usaha yang lumayan besar bagi pendirian toko elektronik online dan nyata maka anda bisa membuat proposal usaha elektronik. Kemudian mengajukan pinjaman uang kepada anggota keluarga, teman, sahabat, investor, kenalan dan lain sebagainya. Lalu langkah terakhir bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke lembaga perbankan. Seperti bank mandiri, BRI, BNI dan bank lainnya.

Pendek kata, membuka usaha elektronik secara nyata dan online membutuhkan modal usaha yang besar. Untuk toko elektronik online pastikan mempunyai tampilan web dan desain yang bagus dan terlihat profesional serta dapat dipercaya. Anda bisa menggunakan jasa desainer website yang handal yang bisa dicari di mbah google. Selain itu, persiapkan modal usaha untuk menggaji karyawan bagian teknologi informasi dan bagian marketing.  

Usaha Elektronik Tanpa Modal
Anda bisa saja menjalankan usaha elektronik tanpa modal. Namun anda terlebih dahulu harus mempunyai kenalan atau relasi terhadap distributor elektronik dan pemilik produk elektronik. Sehingga bisa menjalin kerjasama saling menguntungkan sistem konsinyasi. Dimana pemilik barang elektronik baik itu importir maupun produsen menitipkan produknya kepada anda. Tugas anda hanyalah menjualkan barang elektronik tersebut dengan selisih keuntungan sesuai yang diinginkan. Cara penjualan barang elektronik bisa secara online dan offline. Jika ada barang elektronik yang telah terjual maka anda tinggal menyetorkan uang hasil penjualan produk tersebut.

Cara lain usaha elektronik tanpa modal adalah jualan barang elektronik secara dropship. Terlebih dahulu anda mencari supplier produk elektronik yang terpercaya dan fast respon. Kemudian menjalin kerjasama sistem dropship. Selanjutnya tugas anda hanyalah mengupload foto produk elektronik yang dijual di media sosial, marketplace, blog dan lain-lain untuk tercipta penjualan. Setelah ada pemesanan barang elektronik maka anda bisa menghubungi supplier untuk mengirimkan barang elektronik bersangkutan ke alamat pemesan atas nama anda. Bagaimana mudah kan?

Kelebihan usaha jualan elektronik secara online adalah mempunyai tempat display produk elektronik secara tak terbatas. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi scrape yang bisa mengupload banyak gambar produk elektronik yang dijual dalam satu klik dan dimasukkan ke dalam satu situs. Walaupun usaha elektronik bisa dijalankan secara online. Namun tetap dibutuhkan toko fisik elektronik untuk mendukung penjualan onlinedan merasakan bentuk penampilan barang elektronik yang dijual.

3. Promosi usaha elektronik
Selepas anda mempunyai toko elektronik online dan fisik, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi mengenai keberadaan toko online elektronik sobat dengan cara menggunakan teknik seo google, facebook marketing, memasang promosi di marketplace olx, bukalapak, tokopedia, promosi gratis di  medsos seperti google plus dan twitter, yang pastinya promosi usaha diusahakan tertarget kepada pasar yang dituju.

4. Unik
Persaingan usaha toko elektronik online sangat ketat. Sehingga anda harus memberikan keunikan dari produk elektronik yang dijual. Keunikan dalam bentuk pelayanan maupun bentuk barang elektronik yang dijual. Hal ini benar benar diperlukan supaya calon pembeli mengetahui bahwa barang elektronik yang anda jual tidak ada di toko online dan toko fisik lain.  Contoh menyediakan pembelian barang elektronik secara angsuran online.

5. Pengiriman barang
Masalah pengiriman barang elektronik harus diperhatikan. Sebab produk elektronik cukup besar dan sangat rentan rusak jika terjadi benturan. Oleh karena itu, sobat harus menjalin kerjasama dengan perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang mempunyai reputasi bagus, tepat waktu dan cepat. Supaya barang elektronik yang dipesan sesuai pesanan, selamat dan mulus di tangan konsumen.
http://pitkus.blogspot.com/2018/08/materi-pembelajaran-3.html)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DESAIN KEMASAN

DESAIN PRODUK

SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA DAN KEWIRAUSAHAAN